AWAL PERKULIAHAN, PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN PERANGKAT DAN ASSESSMENT PEMBELAJARAN

Dalam rangka persiapan perkuliahan semester ganjil 2020/2021, Program Studi Pendidikan Kimia Unimus menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Assessment yang diikuti oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kimia pada semester ganjil yang terdiri atas dosen Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Teknik Informatika. Kegiatan ini digelar untuk melaksanakan salah satu kewajiban dosen yaitu mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik. Untuk memudahkan dosen serta untuk proses koordinasi antar dosen yang lain, menyamakan persepsi terkait proses pembuatan perangkat pembelajaran dari prodi dan juga dari panitia MBKM. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat kampus 2 Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Ketua Program Studi Pendidikan Kimia Unimus Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., menyampaikan dalam laporannya bahwa ada pengembangan sistem dalam menyambut era kampus merdeka. Hal ini berkaitan dengan rekonstruksi kurikulum hibah Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diraih oleh Prodi Pendidikan Kimia.

“Harapannya dengan workshop penyusunan perangkat pembelajaran dan assessment ini yaitu perangkat pembelajaran yang ada di program studi sudah siap sebelum perkuliahan sehingga ketika nanti dosen melaksanakan proses pembelajaran sudah memiliki tahapan apa saja yang akan dilakukan. Dengan adanya kegiatan ini, bapak dan ibu dosen sudah memiliki  perangkat pembelajaran, salah satunya yaitu RPS, dan juga assessment atau penugasan selama satu semester. Jangan sampai overlap (tumpang tindih) dengan mata kuliah yang lain, sehingga nanti bisa kolaborasi dengan tugas lain di mata kuliah yang berbeda. Bisa jadi nanti satu tugas menjadi bahan tugas mata kuliah lainnya jadi saling mengisi. Target dari kegiatan ini yaitu nanti semua dosen harus mengupload produk nya ke dalam sistem SiAmus,” ucap Ibu Fitria pada Senin (05/10/2020).

Secara substansi, RPS baru lebih lengkap karena terdapat rincian model pembelajaran dan teknik penilaian baik daring maupun luring. Perangkat pembelajaran yang perlu disiapkan berupa RPS, bahan ajar dan assessment. Dengan adanya format RPS yang baru diharapkan dapat mempermudah dosen dalam mempersiapkan mata kuliah yang akan diampu pada semester ganjil 2020/2021. (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *