Kurikulum


KURIKULUM PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

 

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi, (Kempendiknas no 232/U/2000). Kurikulum diartikan sebagai program yang berupa dokumen program dan pelaksanaan program (Panduan KBK, Dikti, 2008).

Kurikulum yang menjadi dasar penyelenggaraan program studi  S1 Pendidikan Kimia terdiri atas:

1. Kurikulum Inti.
Adalah merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang harus dicakup dalam program studi pendidikan Kimia, dan merupakan penciri dari kompetensi utama. Menurut Kepmendiknas no. 045/U/2002, merupakan penciri dari kompetensi utama, dengan beban keseluruhan beban studi sebesar 40-80%.

2. Kurikulum Institusional
Adalah merupakan sejumlah bahan kajian dan pelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum pendidikan tinggi dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas universitas, bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama, dengan tujuan pengayaan wawasan, memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan (Kemendiknas No 045/U/2002). Terumuskan dalam kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Komptensi pendukung sebesar 20-40%, dan kompetensi lainnya equivalen dengan beban studi sebesar 0-30%.

Berdasarkan Kepmendiknas no 232/U/2000, kurikulum terdiri atas kelompok-kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) serta Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB). Namun pada Kepmendiknas, No 045/U/2002, pengelompokan mata kuliah tersebut dilurudkan maknanya agar lebih luas dan tepat melalui pengelompokan berdasarkan elemen kompetensinya yaitu: a) landasan kepribadian; b) penguasaan ilmu, dan keterampilan; c) kemampuan berkarya; d) sikap dan perilaku berkarya; dan e) pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakatKompetensi hasil didik program studi pendidikan Kimia terdiri atas: a) kompetensi utama; b) kompetensi pendukung; c) kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan komtensi utama.

Profil lulusan yang diharapkan adalah dihasilkannya lulusan tenaga Pendidik Kimia yang: 1) Professional; 2) berkarakter; 3)  berbasis enterpreunership kimia;4) berkapasitas penelitian; 5) berwawasan Internasional. Penetapan nilai mutu kompetensi di atas didasarkan dari hasil penelitian dan kajian mendalam yang dilakukan oleh dosen progdi Pendidikan Kimia UNIMUS.

Profil Lulusan Pendidikan Kimia

  1. Pendidik Kimia
  2. Peneliti
  3. Entrepreneur
  4. Pendididik Lingkungan


KARAKTERISTIK KURIKULUM

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
 

  1. Kurikulum Program Utama (148 sks).
    1. Mata Kuliah Wajib 144 sks.
    2. Mata Kuliah Pilihan 4 sks yang dipilih dari 10 sks yang disediakan.
  2. Pengelompokan Mata Kuliah yang tersedia menurut Elemen dan Jenis Kompetensi.

Download Daftar Mata Kuliah