S1 PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN HUMANIORA(FIPH)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
MOTTO
Inspiring Chemistry Teacher
VISI
Pusat Keunggulan Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Kimia berbasis Kearifan Lokal Bereputasi Internasional yang Dijiwai nilai-nilai Islami pada Tahun 2034
MISI
Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia Unggul dalam:
- Menyelenggarakan Pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai Islami dan berkemajuan;
- Menyelenggarakan penelitian berbasis kearifan lokal berotientasi internasional, bermuara kepada hilirisasi dan berkontribusi untuk kepentingan keummatan;
- Menyelenggaran pengabdiann Masyarakat berbasis kearifan lokal yang berdampak pada kepentingan bangsa dan masyarakat global;
- Menyelenggarakan Pengelolaan Pendidikan yang sehat berlandaskan nilai-nilai Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan dengan sarana-prasarana yang memadai;
- Membentuk jejaring nasional dan internasional untuk penguatan bidang catur dharma PT.
TUJUAN
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Kimia adalah untuk
- Menghasilkan lulusan yang profesional, responsif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu kimia;
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter islami dan berkemajuan;
- Menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan adaptif;
- Menghasilkan kegiatan pengabdian berbasis hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat global;
- Tersedianya sumberdaya manusia yang kompeten untuk mendukung mutu program studi yang unggul;
- Tersedianya tatakelola yang transparan, akuntabel dan partisipatif berbasis sistem teknologi informasi terintegrasi;
- Terjalinnya kemitraan dengan berbagai institusi baik nasional maupun internasional dalam bidang catur dharma PT.
SASARAN
- Terwujudnya lulusan yang kompeten dibidang sainstek, pembelajaran, dan skill laboratorium kimia;
- Terwujudnya lulusan yang berakhlakul karimah;
- Terwujudnya peningkatan jumlah prestasi mahassiwa skala nasional maupun internasional;
- Terwujudnya pengembangan diri mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya;
- Peningkatan jumlah publikasi dan karya ilmiah sesuai dengan kepakaran dibidang sainstek, pembelajaran, dan laboratorium;
- Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian berbasis hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat global;
- Terwujudnya sistem penjaminan mutu melalui evaluasi diri yang berkelanjutan;
- Terwujudnya iklim akademik yang kondusif dan dinamis;
- Terwujudnya kemitraan global yang sinergis dengan stake holder.