S1 PENDIDIKAN KIMIA

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN HUMANIORA(FIPH) 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

 

MOTTO

Inspiring Chemistry Teacher

VISI
Pusat Keunggulan Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Kimia berbasis Kearifan Lokal Bereputasi Internasional yang Dijiwai nilai-nilai Islami pada Tahun 2034

MISI

Menjadikan Program Studi Pendidikan Kimia Unggul dalam:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai Islami dan berkemajuan;
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis kearifan lokal berotientasi internasional, bermuara kepada hilirisasi dan berkontribusi untuk kepentingan keummatan;
  3. Menyelenggaran pengabdiann Masyarakat berbasis kearifan lokal yang berdampak pada kepentingan bangsa dan masyarakat global;
  4. Menyelenggarakan Pengelolaan Pendidikan yang sehat berlandaskan nilai-nilai Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan dengan sarana-prasarana yang memadai;
  5. Membentuk jejaring nasional dan internasional untuk penguatan bidang catur dharma PT.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Kimia adalah untuk

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, responsif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu kimia;
  2. Menghasilkan lulusan yang berkarakter islami dan berkemajuan;
  3. Menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan adaptif;
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian berbasis hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat global;
  5. Tersedianya sumberdaya manusia yang kompeten untuk mendukung mutu program studi yang unggul;
  6. Tersedianya tatakelola yang transparan, akuntabel dan partisipatif berbasis sistem teknologi informasi terintegrasi;
  7. Terjalinnya kemitraan dengan berbagai institusi baik nasional maupun internasional dalam bidang catur dharma PT.

SASARAN

  1. Terwujudnya lulusan yang kompeten dibidang sainstek, pembelajaran, dan skill laboratorium kimia;
  2. Terwujudnya lulusan yang berakhlakul karimah;
  3. Terwujudnya peningkatan jumlah prestasi mahassiwa skala nasional maupun internasional;
  4. Terwujudnya pengembangan diri mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya;
  5. Peningkatan jumlah publikasi dan karya ilmiah sesuai dengan kepakaran dibidang sainstek, pembelajaran, dan laboratorium;
  6. Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian berbasis hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat global;
  7. Terwujudnya sistem penjaminan mutu melalui evaluasi diri yang berkelanjutan;
  8. Terwujudnya iklim akademik yang kondusif dan dinamis;
  9. Terwujudnya kemitraan global yang sinergis dengan stake holder.