MAHASISWA SIAP PEMBEKALAN MAGANG KEPENDIDIKAN SERI 1 TAHUN 2020/2021

Magang kependidikan merupakan kegiatan akademik yang tercantum dalam kurikulum semoga program studi jenjang S1 yang ada di lingkungan Prodi Pendidikan UNIMUS. Magang kependidikan berupa kegiatan belajar sambil melakukan (learning by doing) dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebelum mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah, mahasiswa harus dibekali dengan kemampuan tambahan agar mampu  mengaplikasikan ilmunya dengan baik di lingkungan kerja nanti.

Pada hari Senin (10/8/2020) Pendidikan kimia UNIMUS menggelar Pembekalan Seri 1 Magang Kependidikan Tahun 2020/2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom yang diikuti oleh mahasiswa semester 7 dari tiga program studi pendidikan yang ada di UNIMUs diantaranya S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika, dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan program studi pendidikan UNIMUS.

Kegiatan Pembekalan Magang Kependidikan ini dimoderatori oleh Ibu Siti Aimah, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FBBA UNIMUS) dan dihadiri oleh beberapa narasumber yang ahli di bidang pendidikan dan informatika di antaranya Bapak Hindriyanto Dwi Purnomo, Ph.D (Kepala Departemen Teknik Informatika UKSW), Bapak Prof. Dr. Ir Eko Sediyono, M.Kom (Guru Besar Fakultas Teknik Informatika UKSW), Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd (Dosen Pendidikan Kimia FMIPA UNIMUS), dan Ibu Vennisa Dian M, M.Pd (Dosen Pendidikan matematika FMIPA UNIMUS).

Dengan mengusung tema “Calon Guru yang Siap Teknologi” diharapkan mahasiswa memiliki bekal yang cukup dalam mempersiapkan diri menjadi pendidik profesional yang berkompeten di era teknologi digital ini. Pemateri pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Eko yang membahas tentang pembelajaran daring di masa pandemi. Beliau menekankan bahwa sebenarnya pola penyusunan pembelajaran di era pandemi ini sama dengan pembelajaran konvensional pada umumnya hanya saja cara penyampaian kepada siswa berbeda. Pemilihan LMS (Learning Management System) yang tepat juga sangat penting dalam pembelajaran daring. Pemateri kedua disampaikan oleh Bapak Hindriyanto dengan topik kecerdasan buatan dalam pendidikan. Beliau memberikan contoh dengan penggunaan brain wave headset yang memudahkan guru dan dosen untuk dapat mengevaluasi proses pembelajaran. Dari materi yang dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa ada tiga hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa yaitu pedagogical knownlegde (pengetahuan tentang pedagogik), content knownledge (pengetahuan tentang materi), dan technological knownledge (pengetahuan tentang teknologi) yang perlu diintegrasikan sehingga dapat melaksanakan pembelajaran online dengan baik seperti yang diharapkan.

Pemateri ketiga disampaikan oleh Ibu Andari yang memaparkan tentang Pedacybergogy: Seni Mengajar era Flipped  Classroom. Beliau menjelaskan bahwa Pedacybergogy merupakan pendekatan dengan menggunakan seni mengajar dalam kelas Flipped untuk mempersiapkan keterampilan Sosial Emosional era Society 5.0. Pemateri terakhir yaitu Ibu Venissa yang menyampaikan tentang pembuatan media pembelajaran interaktif. Beliau memaparkan langkah-langkah penyusunan media interaktif yang penggunaannya sangat penting untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran.

Kegiatan pembekalan Magang ini ditutup dengan penjelasan dari Ibu Venissa sebagai ketua panitia Magang kependidikan ini terkait panduan pelaksanaan magang kependidikan 3 online yang perlu diperhatikan mahasiswa peserta magang. Mahasiswa juga diminta untuk mengerjakan pretest melalui link yang dibagikan oleh moderator.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *