SHARING SESSION : S1 PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS SIAPKAN LULUSAN YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER MELALUI PROGRAM MBKM

S1 Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bersama dengan tim hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) menggelar “Lokakarya Penyusunan Buku Panduan Operasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” yang terbagi menjadi beberapa seri. Seri 1 yaitu sharing session bersama pakar yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi berupa capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang relevan. Dalam hal ini, perguruan tinggi harus mampu merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar capaian pembelajaran tersebut dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan lokakarya ini digelar untuk menunjang hal tersebut dengan output kegiatan berupa buku panduan operasional MBKM.

Kegiatan sharing session ini dihadiri oleh rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.), para wakil rektor, dekan, kaprodi, dan dosen di lingkungan Unimus. Adapun materi disampaikan oleh dua narasumber yang merupakan pakar Merdeka belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Dr. Alim Setiawan Slamet, S.Tp., M.Si. (Direktur kemahasiswaan dan pengembangan karr IPB University) dan Dr. Dadan Rahardian (Wakil rektor bidang akademik Telkom University).

“Dalam kondisi pandemi ini, kita mengalami keterbatasan aktifitas terutama pada proses pembelajaran, namun kita harus tetap melaksanakan antisipasi dan adaptasi agar aktifitas kita tidak terganggu dan tetap berprestasi. Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberaoa kegiatan MBKM, saya berharap bapak ibu dosen dapat mengikutinya dengan baik dan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dengan baik,” ungkap rektor dalam sambutannya.

Pemaparan narasumber dimoderatori oleh Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. beliau menjelaskan bahwa indikator kinerja utama perguruan tinggi salah satunya adalah adanya mahasiswa di luar kampus yang dapat memilih 8 bentuk kegiatan pembelajaran. Dalam sharing session ini topik yang dibahas yaitu mempersiapkan bentuk kegiatan pembelajaran yang terfokus pada BKP riset dan BPK pembangunan desa atau KKNT.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *