OPEN CLASS PROGRAM KEMITRAAN DOSEN LPTK PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS DENGAN GURU DI SEKOLAH BERSAMA SMA N 15 SEMARANG

Setelah sukses melaksanaan open class dan refleksi pada dua guru SMA N 15 Semarang pada Kamis, 12 Agustus 2021 secara virtual, dilanjutkan dengan tiga guru lainnya, yakni guru kimia, guru biologi, dan guru fisika SMA N 15 Semarang. Adapun kegiatan opn class ini dilaksanakan pada Selasa, 24 Agustus 2021 (guru fisika) dan Kamis, 26 Agustus 2021 (guru kimia dan biologi). Open class ini diadakan oleh Ibu Fitria Fatichatul Hidayah (kaprodi dan dosen Pendidikan Kimia Unimus), M.Pd tindak lanjut dari program Kemitraan Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah. Program kemitraan ini menggandeng guru-guru SMA N 15 Semarang sebagai mitra yang seluruhnya berjumlah 5 orang.

Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah merupakan upaya dari Direktorat Sumber Daya, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka pengembangan kualitas dan kompetensi guru dan dosen. Melalui program terebut, para dosen LPTK dapat melakukan kemitraan dengan sekolah sebagai pengguna lulusan, menemukan model/pola pembelajaran inovatif, meningkatkan penelitian, dan publikasi serta meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa LPTK dalam mengembangkan pembelajaran.

Pelaksanaan open class dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh guru-guru mitra dan beberapa dosen dari Pendidikan Kimia Unimus Bapak Eko Yuliyanto, S.Pd.Si., M.Pd dan Ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd., dosen senior dari Universitas PGRI Semarang, penggiat Lesson Study Jawa Tengah, dan Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. sebagai dosen mitra. Materi fluida statis disampaikan oleh Bapak Stefanus Tuju, S.Pd. dengan tema “Penerapan Inquiry Lesson pada Materi Fluida dalam Kehidupan Sehari-hari dalam Meningkatkan Ketrampilan berpikir”. Materi osmosis dipaparkan oleh Ibu Lili Zulmadara, S.Pd., M.Si. dengan tema “Inquiry Laboratory pada Materi Osmosis dengan Pemanfaatan Biopreneur sebagai Study Case”. Materi Konfigurasi Elektron Kelas X dijelaskan oleh Ibu Desiana Heryani, S.Pd. dengan tema “Optimalisasi Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Based Learning dalam Materi Konfigurasi Elektron untuk Meningkatkan Ketrampilan Analisis Siswa”.

“Seperti biasa sebelum open class dimulai kami melakukan brifing terlebih dahulu dengan guru mitra dan tim Lesson Study for Learning Community (LSLC) kaitannya dengan refleksi pada pertemuan lalu. Pada open class kali ini sudah terlihat adanya kemajuan terutama pada interaksi antar siswa. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberi studi kasus untuk didiskusikan oleh siswa kaitannya dengan pemecahan masalahnya. Untuk aktivitas guru dan siswa sudah baik. Kegiatan open class ini juga akan ada sesi refleksi untuk memperbaiki hal-hal yang kurang dan belum terlihat,” jelas Ibu Fitria.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *