LOLOS HIBAH PKKM, PENDIDIKAN KIMIA BERSAMA TIM PKKM UNIMUS GELAR LOKAKARYA PENYUSUNAN BUKU POB MBKM

S1 Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bersama tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai penanggungjawab program ini menggelar kegiatan lokakarya penyusunan Panduan Operasional Baku (POB) terkait kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Salatiga, Kamis-Jum’at, 27-28 Agustus 2021.

Pelaksanaan kegiatan lokakarya ini merupakan sesi kedua dari rangkaian kegiatan lokakarya, sesi sebelumnya yaitu sharing session bersama pakar yang sudah mumpuni dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di antaranya dari IPB University dan Telkom University. Kegiatan ini diikuti oleh 32 dosen masing-masing program studi yang ada di lingkungan Unimus. Rencananya untuk sesi ketiga akan dilaksanaan Facuss Group Disscussion (FGD) pada Selasa, 30 Agustus 2021 dengan seluruh mitra untuk menyiapkan hak belajar mahasiswa di luar kampus.

“Melalui Program MBKM ini, mahasiswa dapat belajar dimana saja sesuai passion mereka bersama mitra. Supaya jelas kaitannya dengan kegiatan, waktu, dan mekanisme pelaksanaannya maka kami membuat buku panduannya sebenarnya buku panduan dari Kemendikbudristerk sudah ada hanya saja masih bersifat umum, jadi perlu dibuat yang lebih khusus lagi agar dapat digunakan untuk semua program studi di lingkungan Unimus,” jelas Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd. sebagai penangungjawab lapangan.

Dr. Eny Winaryati, M.Pd. sebagai ketua PKKM sekaligus Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengungkapkan bahwa terdapat 8 indikator kinerja utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi untuk dapat berkompetisi, salah satunya yaitu MBKM yang di dalamnya ada 8 kegiatan. Buku panduan POB inilah yang akan mengatur kegiatan-kegiatan tersebut agar lebih tertata dan dapat diimplementasikan di Unimus.

“Terdapat 8 kegiatan dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan disusun Pedoman Operasional Baku (POB), diantaranya POB kewirausahaan, POB magang bersertifikat, POB Pemberdaaan desa atau KKN tematik, POB Kampus Mengajar, POB penelitian, POB pertukaran mahasiswa merdeka tingkat nasional, POB studi independen, dan POB proyek kemanusiaan. Masing-masing POB memiliki kisi-kisi dan mekanisme pelaksanaan kegiatan yang berbeda,” jelas Dr. Eny Winaryati, M.Pd. (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *