WORKSHOP RPS BERBASIS TEAM BASED PROJECT DAN CASE METHOD TIM PKKM PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS BEKERJA SAMA DENGAN LP3M UNIMUS

Program studi S1 Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan Workshop Penyusunan RPS Berbasis Case Method dan Team Based Project pada Rabu-Kamis, 28-29 Juli 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Pendidikan Kimia kolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unimus yang diketuai oleh Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., dan penanggung jawab Ibu Dr. Endang Tri Wahyuni Maharani, M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran melalui perencanaan yang baik, salah satunya dengan melatih daya analisis mahasiswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran. Kegiatan dihadiri oleh tim PKKM, LP3M, dan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si., dan Ibu Dr. Endang Tri Wahyuni Maharani, M.Pd. secara virtual melalui aplikasi Zoom.

“Penyusunan rencana pembelajaran semester (RPS) harus disesuaikan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah dalam suatu pembelajaran harus melaksanakan 2 hal yaitu Project based Learning (PJBL) dan Case Method. Secara tidak langsung sebenarnya pembelajaran yang dilaksanakan di Pendidikan Kimia Unimus sudah memuat PJBL dan case method, namun RPS harus tetap disesuaikan dan di-upgrade sesuai dengan pedoman kurikulum perguruan tinggi tingkat nasional,” jelas Ibu Fitria. Dalam sambutannya, beliau juga berpesan kepada para dosen yang hadir untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik sehingga implementasi pembelajaran melalui PJBL dan case method  terlaksana dengan baik dan sesuai dengan capaian IKU.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. menjelaskan tentang pembelajaran berbasis proyek (team based project) dan case method. Secara garis besar, pembelajaran ini dimulai dengan pemberian kasus kemudian baru dijelaskan materinya. Mahasiswa dilatih mengidentifikasi masalah dan berpikir kritis dalam mencari solusi terbaik dalam pemecahannya serta mengintegrasikan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya dalam pemecahan masalah.

Kegiatan dilanjutkan dengan bedah RPS yang diisi oleh Ibu Dr. Endang Tri Wahyuni Maharani, M.Pd. beberapa RPS yang sudah disusun dibedah pakah sudah sesuai dengan team based project dan case method. Adapun kegiatan dalam workshop ini antara lain perumusan CPMK dan sub CPMK, perumusan aktivitas pembelajaran menggunakan case method, perumusan aktivitas pembelajaran menggunakan team based project, penyusunan instrumen penilaian dan evaluasi, praktek membuat RPS MK yang menerapkan team based project, praktek penyusunan RPS MK yang menerapkan case method, paparan dan best practice. (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *