PELUNCURAN KAMPUS MENGAJAR BATCH 2 DAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA, PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS ADAKAN SOSIALISASI

Setelah para mahasiswa berkontribusi secara sukarela untuk membantu kegiatan belajar mengajar siswa yang mengalami masalah dalam pelaksanaan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Kampus Mengajar Batch 1 selesai, kini dibuka pendaftaran Kampus Mengajar Batch 2 beriringan dengan Kegiatan Mengubah perilaku untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan penularan Covid-19. Bersamaan dengan itu, pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka juga tengah dibuka. Dua program ini merupakan satu rangkaian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mencari informasi terkait dua program tersebut, Pendidikan Kimia Unimus menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kampus Mengajar (KM) Batch 2 dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka pada Rabu, 16 Juni 2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia Unimus dengan antusias.

Kampus Mengajar merupakan bagian dari kegiatan Mengajar di Sekolah dari program Kampus Merdeka yang menghadirkan mahasiswa dalam menguatkan pembelajaran literasi dan numerasi di SD dan SMP seluruh Indonesia. Sedangkan Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebinekaan dan sistem alih kredit sebanyak 20 sks. Selain mengikuti pembelajaran mata kuliah di perguruan tinggi penerima, mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka juga akan mendapatkan pengalaman langsung berinteraksi dengan mahasiswa dari daerah lain dan mempelajari kebudayaan daerah lain melalui Modul Nusantara.

Sosialisasi ini dipaparkan oleh Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd dan Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. Beberapa hal yang disampaikan antara lain tentang penjelasan masing-masing program, mekanisme seleksi, dan timeline pelaksanaan program.

“Besar harapan dari kami agar semua program ini dapat diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kimia, karena selain menambah ilmu dan skill program ini juga dapat menambah pengalaman belajar bermakna bagi mahasiswa,” ungkap Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd (16/6/2021).

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *