TINGKATKAN KUALITAS, FMIPA UNIMUS GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN ROADMAP PENELITIAN DAN PENCIRI PROGRAM STUDI

Dalam rangka mewujudkan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah dalam hal pendidikan dan pengajaran serta penelitian, Pendidikan Kimia Unimus bersama FMIPA menggelar workshop penyusunan roadmap penelitian dan penciri program studi (prodi). Kegiatan ini berlangsung pada Jum’at, 23 April 2021 yang diikuti oleh seluruh dosen Pendidikan Kimia Unimus dan juga dosen-dosen dari dua prodi lainnya dalam FMIPA Unimus yaitu Pendidikan Matematika dan Statistika secara virtual melalui aplikasi zoom.

Kegiatan workshop dipandu oleh Ibu Venissa Dian M, M.Pd. sebagai pembawa acara dan dibuka dengan sambutan oleh dekan FMIPA, Ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd. Adapun moderatornya yaitu Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. dan pemateri dalam kegiatan ini yaitu Ibu Dr. Fenny Roshayanti, M.Pd., yang merupakan kaprodi Magister Pendidikan IPA di Universitas PGRI Semarang.

Dalam paparannya, Ibu Fenny menjelaskan beberapa poin penting yaitu terkait perkembangan tema penelitian dosen dan mahasiswa, kewajiban publikasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa, dan roadmap riset prodi. Ibu Fenny juga memaparkan strategi mengembangkan penciri program studi, diantaranya yaitu identifikasi visi misi tujuan lembaga dan fakultas, identifikasi penciri prodi sejenis nasional dan internasional, identifikasi potensi prodi (dosen dan mahasiswa, kinerja/karya, sarpras). Langkah selanjutnya ketika penciri telah ditetapkan yaitu peninjauan kurikulum (menambah mata kuliah yang mendukung penciri), peninjauan perangkat perkuliahan (RPS, assessment, dan lainnya), dan integrated task (beberapa mata kuliah bersama-sama merancang tugas proyek mahasiswa sesuai pencirinya).

“Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan. Yang pertama yaitu untuk membentuk roadmap penelitian fakultas, prodi, dan dosen. Kedua, adanya pengembangan atau proses untuk penelitian payung  yang bisa diambil oleh mahasiswa. Selama ini mahasiswa punya ide masing-maing yang tidak sinkron dengan dosen. Roadmap prodi dan dosen ini nantinya akan dipecah menjadi penelitian payung untuk mahasiswa, jadi untuk tema penelitian dan lainnya sudah disusun oleh dosen, sedangkan mahasiswa tinggal mengembangkan. Ketiga yaitu untuk menidentifikasi penciri yang ada di prodi masing-masing,” ungkap Ibu Fitria selaku kaprodi Pendidikan Kimia Unimus pada Sabtu (24/04/2021).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dosen dapat mempersiapkan roadmap penelitian dan penciri prodi masing-masing sehingga dapat meningkatkan kualitas prodi menjadi lebih baik lagi.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *