TINGKATKAN MUTU PROGRAM STUDI, PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS LAKSANAKAN AUDIT MUTU AKADEMIK INTERNAL

Penjaminan mutu pendidikan tinggi dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya yaitu penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, penetapan standar pendidikan tinggi, serta audit mutu internal. Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) merupakan proses pengujian untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan di perguruan tinggi yang dilakukan secara sistematik dan terdokumentasi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai visi dan misi institusi.

Pendidikan Kimia Unimus telah melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) pada hari Kamis, 15 April 2021 bertempat di Ruang 103 Kampus Kedungmundu 2 Unimus. Visitasi AMAI ini dihadiri oleh Dr. Eny Winaryati, M.Pd sebagai Dekan FMIPA, Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, dan seluruh civitas akademika Pendidikan Kimia Unimus mulai dari dosen, Tata Usaha, admin, dan lainnya.

Pelaksanaan AMAI Pendidikan Kimia Unimus diaudit oleh dua auditor internal yaitu Ns. Eny Hidayati, M.Kep.,Sp.Kep.Jiwa dan Drg. Retno Kusniati, M.Kes. Adapun beberapa kriteria yang dinilai dalam AMAI ini mencakup 16 standar yang masing-masing memiliki komponen penilaian sendiri. Standar tersebut antara lain identitas, standar kurikulum, standar proses, evaluasi, suasana akademik, kemahasiswaan, lulusan, sumber daya manusia, sarana prasarana, sistem informasi dan komunikasi, pembiayaan, pengelolaan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerja sama, dan kode etik.

“AMAI ini dilaksanakan untuk melihat seberapa siap program studi dalam menjalankan proses pembelajaran, penelitian, pengabdian, kerjasama dengan mitra, dan lainnya. Cara kerja AMAI harus memenuhi PPEPP, yaitu harus ada penetapan, pedoman, pelaksanaan, monitoring, hasil evaluasi, dan rencana tindak lanjut untuk setiap siklus. AMAI dilaksanakan tiap tahun, sedangkan AMAI ini dilaksanakan menggunakan data tahun ajaran 2019/2020. Dalam pelaporan AMAI, Pendidikan Kimia menggunakan repositori jadi semua arsip berbasis digital. Auditor yang mengaudit menggunakan instrumen dari universitas. Hasil audit untuk Pendidikan Kimia adalah excellent, hanya saja ada sedikit kekurangan rasio dosen di mahasiswa karena jumlah mahasiswa sedikit, namun untuk keseluruhan bagus, semua baik terutama pada prestasi mahasiswa maupun dosen,” jelas Ibu Fitria pada Kamis (15/4/2021).

Tujuan audit mutu yaitu untuk menyesuaikan data standar pendidikan tinggi antara perguruan tinggi dengan program studi kaitannya dengan fakta yang ada di lapangan dengan data yang ada. Melalui audit mutu akademik ini juga dapat diperoleh peluang untuk peningkatan mutu internal dari program studi agar bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *