SIAP MENGABDI, S1 PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS SELENGGARAKAN SOSIALISASI KAMPUS MENGAJAR

Kampus Mengajar (KM) adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Kampus Mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia dan membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

S1 Pendidikan Kimia sangat antusias menyambut program KM ini dengan mengadakan sosialisasi Kampus Mengajar. Sosialisasi yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Pendidikan Kimia Unimus pada Rabu, 10 Februari 2021. Dalam sosialisasinya, Bu Fitri Fatichatul Hidayah, M.Pd. sebagai Kaprodi menjelaskan bahwa program Kampus Mengajar ini dapat diikuti oleh mahasiswa dan dosen.

“Melalui Program Kampus Mengajar ini, mahasiswa dan dosen akan memperoleh kesempatan untuk belajar optimal di kondisi terbatas dan kritis selama masa pandemi. Mahasiswa dapat mengembangkan diri khususnya kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan interpersonal lainnya melalui pengalaman ini. Dosen juga dapat memberi kontribusi nyata bagi permasalahan pendidikan terutama pada kondisi pandemi karna program Kampus Mengajar ini juga memberikan kesempatan kepada dosen lintas prodi untuk berkolaborasi dengan mahasiswa, sekolah, dan gru dalam pengembangan pendidikan nasional,” ujar Bu Fitri dalam sosialisasi tersebut.

Bu Fitri juga menjelaskan terkait pemetaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sangat erat dengan kampus Mengajar. Pendaftaran program ini akan dibantu oleh Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd. melalui aplikasi MBKM yang dibuka sejak 9 hingga 21 Februari 2021. Aplikasi ini akan mencatat proses registrasi akun ( https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021 ), proses seleksi, pencatatan aktivitas dan tugas mahasiswa, serta proses penilaian yang terintegrasi dengan Dikti.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *