PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS GANDENG PARA GURU GELAR WORKSHOP PENILAIAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN ANALISIS DATA PENELITIAN PENDIDIKAN

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Pendidikan Kimia bersama FMIPA Unimus menggelar Pekan Guru Nasional yang terdiri atas serangkaian kegiatan, salah satunya yatu “Workshop Penilaian Pembelajaran Abad 21 dan Analisis Data Penelitian Pendidikan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 24 November 2020 dan diikuti oleh 101 peserta yang berasal dari wilayah Jawa Tengah pada berbagai jenjang Pendidikan. Para peserta terlihat antusias dan berinteraksi dengan aktif melalui pelatihan dalam jaringan (daring).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dr Eny Winaryati, M.Pd. yang menyampaikan materi penilaian dan evaluasi pembelajaran di masa pandemi dan Dr. Rochdi Wasono, M.Si. yang memaparkan materi tentang olah data penelitian pendidikan dengan software statistik.  Kedua narasumber tersebut adalah para pakar di bidang terkait.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru. Tema evaluasi pembelajaran merupakan salah satu topik yang perlu mendapat perhatian khusus, terkait dengan adanya kebijakan tentang assessment pengganti ujian nasional. Harapan kami setelah adanya kegiatan workshop ini, para peserta dapat mengimplementasikan materi ke dalam kegiatan pembelajaran mereka di sekolah. Selain itu, para guru diharapkan memiliki kemampuan dalam mengolah data penelitian. Kemampuan ini diharapkan dapat membantu para guru dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ataupun penelitian di bidang Pendidikan lainnya,” ucap Bu Andari Puji Astuti, M.Pd. selaku panitia Pekan Guru Nasional dari Pendidikan Kimia Unimus.

Kegiatan ini dilakukan menggunakan pendekatan synchronous melalui platform Zoom Meeting, sedangkan pendekatan asynchronous dilakukan melalui platform Edmodo. Selain itu, kegiatan ini diikuti dengan pelatihan membuat assessment dan menyusun rubrik untuk penilaian abad 21 diantaranya rubrik untuk penilaian PBA, SRS, portofolio, dan jurnal reflektif. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi oleh narasumber dalam kelas besar, kemudian dibagi menjadi kelas-kelas kecil agar lebih fokus. Terdapat 5 kelas kecil yang masing-masing dibimbing oleh dosen-dosen FMIPA dan Pendidikan Bahasa Inggris Unimus. Kegiatan ditutup dengan foto bersama.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *