SELAMAT DAN SUKSES DUA TIM PKM PENDIDIKAN KIMIA LOLOS PIMTANAS 2020

Setelah melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) serta seleksi yang cukup ketat, dua tim PKM dari Pendidikan Kimia Unimus yakni PKM Pengabdian Masyarakat yang merupakan hasil karya Nurihika Fitri Savira, dkk (mahasiswa Pendidikan Kimia Unimus semester 7) tentang pengolahan limbah organik kulit buah untuk pembuatan ecoenzim dan PKM Kewirausahaan yang disusun oleh Linda Furwanti, dkk (mahasiswa Pendidikan Kimia semester 5) yang mengusung tema inovasi Eco Produk dari limbah cangkang telur berhasil lolos dalam ajang PIMTANAS.

Pekan Kreativitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Nasional (PIMTANAS) merupakan program kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang memberi peluang baru bagi tim PKM yang belum beruntung lolos dalam PIMNAS untuk tetap bisa berprestasi di tingkat Perguruan Tinggi Swasta Nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas mahasiswa, kemampuan menulis, kemampuan berkomunikasi, menyampaikan serta menuangkan ide dalam tulisan maupun lisan, memberi penglaman berkompetisi kepada mahasiswa, dan sebagai wadah silaturahmi antar mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Kabar gembira tersebut tertera dalam Surat Pemberitahuan No. 1686/E2/TU/2020 yang diterima pada Senin, 23 November 2020. Dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa rangkaian tahapan pelaksanaan PMTANAS dilakukan secara daring dengan jadwal terlampir selama dua har dengan waktu penjurian yang berbeda sesuai dengan jenis PKM dan kategori kelasnya.

“Kita sangat senang dan bersyukur, artinya mahasiswa masih ada peluang untuk menampilkan karyanya selain di PIMNAS. Harapannya nanti akan menambah pengalaman dan tentunya menjadikan mereka terus berkembang, tidak hanya menggantungkan PIMNAS tapi ada event lain yang dapat digunakan untuk keberlanjutan PKM yang telah lolos tersebut. Di sisi lain ini menjadi kebanggan Prodi Pendidikan Kimia karena mahasiswa telah berpartisipasi aktif dalam pengembagan diri,” ungkap Bapak Eko Yuliyanto, S.Si., M.Pd. selaku dosen pendamping PKM pada Selasa (24/11/2020).

Dua tim PKM dari Pendidikan Kimia Unimus ini merupakan perwakilan dari Unimus mengingat dari sekian banyak proposal PKM mahasiswa yang diajukan pada saat awal pengusulan, hanya dua tim PKM ini yang lolos. Tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri karena dapat mewakili Unimus di ajang PIMTANAS.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari peran dosen pembimbing, kaprodi, dan tentu saja teman-teman satu tim yang telah melalui perjuangan yang panjang bersama. Kami berharap yang terbaik melalui PIMTANAS ini, semoga bisa menjadi juara dan dapat menginspirasi banyak orang,” ucap Nurihika pada Selasa (24/11/2020). (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *