PENANDATANGANAN MEMORANDUM OF AGREEMENT (MoA) PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS DENGAN BADAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (BPTIK) PROVINSI JAWA TENGAH

Pendidikan Kimia Unimus merupakan salah satu program studi yang lolos Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Berkaitan dengan hal tersebut, Pendidikan Kimia Unimus melaksanakan serangkaian kegiatan yang menunjang program MBKM di antaranya penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK DIKBUD) Provinsi Jawa Tengah.

MoA tersebut ditandatangani oleh Ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd. sebagai koordinator Prodi Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika yang lolos Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM dan Bapak Drs. Bagus Surjanto, M.Pd. Kepala BPTIKP Jawa Tengah. Maksud dari kesepakatan kerjasama ini adalah untuk mensinergikan potensi masing-masing pihak guna memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan Kerjasama Kegiatan MBKM. Tujuan Kesepakatan Kerjasama ini meningkatkan pelaksanaan program-program MBKM khususnya di bidang magang atau praktik kerja lapangan, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pelaksanaan kegiatan ilmiah lainnya.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat saling bekerjasama pada hal-hal yang mengutamakan nilai kebermanfaatan terutama pada kedua pihak dalam rangka mengembangkan kapasitas kemampuan mahasiswa. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan,” ucap Bapak Bagus Surjanto dalam sambutannya.

Penandatanganan MoA ini bertempat di Kantor BPTIK Provinsi Jawa Tengah yang ada di Semarang dan dihadiri oleh Ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Kimia Unimus, Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Matematika Unimus, Ibu Venissa Dian Mawarsari, M.Pd., Kepala BPTIK Jawa Tengah, Bapak Drs. Bagus Surjanto, M.Pd., dan beberapa staf BPTIK lainnya.

“Kerjasama dengan BPTIK ini adalah salah satu bentuk kegiatan dari 8 kegiatan Kurikulum MBKM yaitu salah satunya adalah magang atau praktik kerja. Harapannya dengan adanya kerjasama dengan BPTIK ini mahasiswa mampu merancang pembelajaran / platform / bahan ajar berupa AR (Augmented Reality) atau VR (Virtual Reality). Harapannya nanti output nya adalah produk pembelajaran khususnya di Prodi Pendidikan Kimia. Karna kita tahu bahwa di BPTIK mengembangkan beberapa media pembelajaran di semua jenjang pendidikan sedangkan mahasiswa kami adalah mahasiswa yang diharapkan nantinya menjadi seorang guru yang dapa menguasai IT terutama di bidang digital khususnya di bagian perancangan media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran daring ataupun luring,” jelas Bu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. sekali Kaprodi Pendidikan Kimia Unimus pada Kamis (19/11/2020).

“Selain untuk mahasiswa, dosen juga diharapkan mampu berkolaborasi melaksanakan penelitian pengembangan terkait media pembelajaran sehingga dari kegiatan penelitian tersebut dapat diimplementasikan di masyakarat (siswa, staf sekolah, atau masyarakat umum). Dari sini nanti terjalin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdan masyarakat sehingga diperoleh model tertentu dalam proses kerjasama tersebut,” lanjutnya Bu Fitri pada Kamis (19/11/2020). (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *