TINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN ARTIKEL, PENDIDIKAN KIMIA GELAR PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI

Publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional sangat diperlukan sebagai penunjang internasionalisasi program studi dan universitas. Semakin banyak jumlah jurnal yang dipublikasi, maka semakin tinggi pula angka indikator penilaian dalam penentuan peringkat perguruan tinggi. Beberapa permasalahan yang dijumpai dalam perguruan tinggi di antaranya belum terlatihnya dosen dalam penulisan artikel jurnal internasional. Untuk itu, Pendidikan Kimia bersama Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang menginisisasi kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah ini berawal dari visi program studi yaitu penelitian yang berbasis internasional, yaitu dosen harus memiliki jurnal internasional bereputasi. Selama ini dosen melaksanakannya, namun ada sebagian dosen yang belum optimal. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menjembatani dan memfasilitasi bapak dan ibu dosen untuk kedepannya menghasilkan jurnal ilmiah yang bereputasi dan berkualitas tinggi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari secara offline dan dilanjutkan dengan pendampingan secara online hingga jurnal tersebut tersubmite/terpublis di jurnal yang diharapkan. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang telekonferen di gedung 2 kampus Unimus dan dibuka oleh ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd. selaku dekan FMIPA Unimus serta diikuti oleh 10 dosen dari Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika Unimus. Narasumber yang menyampaikan materi merupakan pendamping dan reviewer jurnal tingkat internasional dari dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta.

“Luar biasa hasilnya, karena selama ini memang kita sudah sering mengikuti kegiatan pendampingan, namun ada hal-hal tertentu yang belum kita peroleh dan di kegiatan ini sudah kita peroleh. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi dan juga sebagai tantangan untuk dosen sehingga tetap semangat untuk satu semester ini menghasilkan satu jurnal internasional bereputasi,” ucap Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. selaku kaprodi Pendidikan Kimia Unimus.

Materi yang diperoleh dari pelatihan ini yaitu kiat-kiat memilih jurnal dan tema jurnal yang sedang tren di dunia pendidikan secara nasional dan internasional. Selanjutnya mencari referensi jurnal yang sekiranya belum sempurna kemudian dijadikan sebagai peluang untuk dapat terstandarisasi secara internasional.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *