Pendidikan Kimia Unimus model of excellence : RAIH HIBAH KERJASAMA KURIKULUM MBKM KEMENDIKBUD TAHUN 2020

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuka kesempatan kepada Perguruan Tinggi negeri dan swasta Program Sarjana yang masuk dalam pendidikan akademik non kesehatan, untuk mengajukan proposal Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM. Hal tersebut diharapkan supaya program studi dapat menerapkan kerja sama yang mendukung kurikulum MBKM untuk mendukung implementasi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pendidikan Kimia Unimus merupakan salah satu program studi yang mengajukan proposal Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM tersebut. Dari 10 proposal yang diajukan oleh program studi Unimus lainnya, hanya 2 proposal yang lolos hibah, salah satunya proposal Pendidikan Kimia. Hal tersebut berdasarkan surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 2087/E2/BP/2020. Merupakan suatu kebanggaan karena Pendidikan Kimia mampu bersaing dengan 1.700 proposal lainnya dari berbagai program studi di Indonesia.

Kabar baik ini diterima Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. pada Selasa, 1 September 2020 melalui Whatsapp Group.

“Alhamdulillah Pendidikan Kimia lolos sebagai penerima program bantuan MBKM dari Kemendikbud Dikti. Ini merupakan kabar yang sangat membanggakan bagi kami. Kami berharap konsep kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pendidikan Kimia ini dapat  menjadi inspirasi dan percontohan bagi prodi lain, bahkan kampus lain,” ucap Ibu Fitria pada Selasa (01/09/2020).

Selanjutnya, imbuh beliau, Pendidikan Kimia akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang akan digelar oleh Kemendikbud dalam waktu dekat, mengingat waktu pelaksanaan proposal yang cukup singkat yakni kurang lebih 3 bulan kedepan. Sebelum bimbingan teknis, Pendidikan Kimia menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama guru, praktisi pendidikan, alumni, dan mahasiswa Pendidikan Kimia. Selain itu Unimus melalui LP3M juga menggelar workshop pengembangan kurikulum MBKM sebagai fasilitas bagi Pendidikan Kimia dan prodi lainnya dalam mengkaji kurikulum MBKM.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *