PEMBEKALAN SERI 2 MAGANG KEPENDIDIKAN: MAHASISWA HARUS MELEK TEKNOLOGI

Program magang kependidikan merupakan kegiatan rutin tahunan dari Program Studi S1 Pendidikan Kimia UNIMUS yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan serta lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah.

Program Studi S1 Pendidikan Kimia UNIMUS menggelar Pembekalan Seri 2 Magang Kependidikan pada Selasa (11/08/2020). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 7 dari tiga program studi pendidikan yang ada di UNIMUS diantaranya S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika, dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Berbeda dengan kegiatan pembekalan magang pada tahun sebelumnya, kegiatan pembekalan ini dilaksanakan secara daring melalui video conference di aplikasi Zoom.

Kegiatan pembekalan seri 2 magang kependidikan tahun 2020/2021 ini dipandu oleh Ibu Siti Aimah, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FBBA UNIMUS) dan dibuka langsung oleh Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd (Kaprodi S1 Pendidikan Kimia UNIMUS). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam keadaan pandemi ini tidak menyurutkan calon profesi guru untuk menjalankan magang kependidikan. Dalam program ini harapannya mahasiswa tetap terlatih untuk selalu kreatif, solutif, dan inovatif serta mampu memberikan kebermanfaatan bagi siswa walaupun tidak secara langsung karena pembelajaran daring.

“Mahasiswa diharapkan tetap bisa belajar dari guru model masing-masing terkait empat aspek yaitu aspek profesional, aspek sosial, aspek kepribadian, dan aspek pedagogik secara umum serta cyberpegagogic (pengetahuan literasi teknologi yang dimiliki guru). Calon guru disini sudah dibekali dengan berbagai LMS (Learning Management System) , mulai dari Schoology, Edmodo, dan LMS lainnya yang mampu dimanfaatkan. Namun penggunaan LMS juga disesuaikan dengan keadaan sekolah masing-masing,” tutur Ibu Fitria.

Dalam acara pembekalan seri 2 magang kependidikan ini dihadirkan tiga narasumber yang mumpuni di bidang pendidikan yaitu Bapak Abdul Aziz, M.Pd (Dosen Pendidikan Matematika UNIMUS), Bapak Dr. Dodi Mulyadi, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNIMUS), dan Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd (Dosen Pendidikan Kimia UNIMUS). Dengan mengusung tema “Calon Guru yang Siap Teknologi” diharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan diri menjadi pendidik profesional yang berkompeten di era teknologi digital ini.

Materi pertama dipaparkan oleh Bapak Aziz yang menyampaikan tentang video pembelajaran daring. Beliau menekankan bahwa pembuatan video pembelajaran sangat penting untuk mempermudah siswa memahami materi, efektivitas pembelajaran, membuat pembelajaran lebih interaktif dan dapat mempersingkat waktu. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dodi yang menjelaskan tentang inovasi pembelajaran daring. Beliau mengenalkan aplikasi mobile (offline) yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran online apabila jaringan internet dalam suatu sekolah/area tidak stabil.
Pemateri ketiga yaitu Ibu Andari yang menyampaikan materi dengan tema menyiapkan evaluasi pembelajaran daring. Beliau menjelaskan prinsip penilaian yang terdiri atas 6 aspek yaitu sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan. Beliau juga mengenalkan berbagai aplikasi evaluasi pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran daring, yaitu Google Form, Kahoot, Quiziz, dan Microsoft Form. Penggunaan aplikasi tersebut sangat memudahkan guru dalam mengoreksi tugas dan pemberian skor serta dapat menghemat waktu. Kegiatan ini ditutup dengan sosialisasi kaitannya dengan penggunaan website magang yang disampaikan oleh Ibu Venissa Dian M, M.Pd sebagai ketua panitia magang kependidikan tahun 2020/2021.( Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *