Pendidikan Kimia Unimus Punya Hajat Besar: NATIONAL CHEMISTRY EXPO & FASTIVAL

Program Studi S1 Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Muhammadiyah Semarang (FMIPA Unimus) dengan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (Himadikmia) mengadakan “National Chemistry Expo and Festival” tingkat SMA dan Perguruan Tinggi. Digelar 25-26 Januari 2010 Expo diikuti peserta yang berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia mengangkat tema “Kontribusi Generasi Muda dalam Implementasi Sustainable Development Goal’s (SDG’S)” dengan harapan mampu memberikan pengalaman dan motivasi baru bagi generasi muda dalam menciptakan dan menuliskan ide dan gagasan yang dimiliki dalam sebuah penelitian dan karya tulis ilmiah. Kegiatan perlombaan tesebut terselenggara dari ide kreatif mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Kimia yang terinspirasi dari berbagai perlombaan yang telah diikuti baik pada tingkat nasional maupun Internasional. Acara ini berlangsung selama 3 hari dimulai dengan technical meeting pada Jum’at (24/01/2020) di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) yang di ikuti oleh seluruh peserta . Dilanjutkan pada Sabtu, 25 januari 2020 dengan diselenggarakan lomba pameran produk, yang diikuti oleh kalangan siswa dan mahasiswa yang bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Semarang.

Expo dan kompetisi diikuti oleh 30 karya ilmiah dari kategori SMA dan 35 Kategori Perguruan Tinggi (PT) yang dikirimkan dan diseleksi menjadi 6 kontestan pada kategori SMA dan 15 pada kategori PT. Usai di presentasikan diperoleh pemenang dari dua kategori. Pemenang katebori SMA, juara 1 diraih SMA N 4 Kendari dengan judul karya “Chemistry Board Game (CBG) dan Chemistry Borcode Scan (CBS) berbasis Quick Respon Code bagi upaya mewujudkan pembelajaran kimia berbasis joyful learning”, juara 2 diraih SMA N 84 Jakarta dengan judul karya “Implementasi kartu Jakarta pintar (KJP) plus di wilayah Jakarta Barat I : peluang dan tantangan pemenuhan keadilan social dibidang pendidikan” Juara 3 diraih oleh MAN 2 Jember. Sedangkan untuk PT Kejuaraan diberikan berdasarkan Sub Bidang nya. Terdapat 5 bidang penelitian yaitu pendidikan, teknologi,kesehatan,lingkungan, dan Ketahanan pangan.

Acara terakhir pada hari ketiga ditutup dengan kegiatan Talkshow Chemistry for SDG’S pada Ahad (26/01/2020) di Aula lantai 7 Gedung Fakultas Kedokteran Unimus Acara hadiri oleh Dekan Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr. Eny WInaryati, M.Pd, Kaprodi S1 Pendidikan Kima, dosen dan mahasiswa serta peserta dari kompetisi ” National Chemisty Expo dan Festival”. Talkshow hadirkan narasumber Dr. Eny Winaryati, M.Pd (Dekan FMIPA Unimus), Ngadiwiyana, M.Si (Dosen Kimia Undip), Dr. Ir. Nurrahman, M.Si (Dosen Teknologi Pangan Unimus) dan Eko Yuliyanto, S.Pd.Si., M.Pd (Dosen Kimia Lingkungan Unimus). Apresiasi diberikan oleh Dekan kepada Himadikmia dan Prodi S1 Pendidikan Kimia Unimus karena telah berhasil menyelenggarakan kegiatan yang bertaraf Nasional, dan mampu mendatangkan serta melibatkan peserta yang berasal dari sekolah dan perguruan tinggi dari penjuru daerah yang ada di Indonesia. Dekan menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga hari tersebut dikemas dalam bentuk yang menarik dan dengan tema yang diangkat yaitu kontribusi generasi muda dalam implementasi SDG’S (Sustainable Development Goals), merupakan kebutuhan dari program yang dicanangkan oleh PBB, disinergikan dengan berbagai elemen di masyarakat. Siswa dan mahasiswa merupakan bagian dari generasi muda harus ikut berkontribusi dengan berbagai kegiatan yang bisa memberikan informasi bermanfaat untuk kedepannya. Mahasiswa mampu melihat program yang telah dibuat dari SDG’S sehingga akan menambah wawasan dan wacana baru yang sangat menartik, imbuh dari Dekan dalam sambutannya(red.Zulf).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *