TINDAK LANJUT KERJASAMA PPPPTK IPA, PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS HADIRI RAKOR PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN IPA

Dalam rangka penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Pendidikan Kimia Unimus telah melaksanakan beberapa kerjasama dengan berbagai mitra di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Sebelumnya, Pendidikan Kimia Unimus yang diwakili oleh Dekan FMIPA Unimus, Dr. Eny Winaryati, M.Pd., telah melaksanakan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan  Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) pada Kamis, 11 Februari 2021.

Sebagai tindak lanjut atas penandatanganan SPK tersebut, Pendidikan Kimia Unimus bersama dengan PPPPTK IPA melaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran IPA melalui Kemitraan PPPPTK IPA dengan Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan, dan Organisasi Kemasyarakatan. Rapat koordinasi (rakor) ini dilaksanakan selama 4 hari pada hari Jum’at – Minggu, tanggal 9 – 11 April 2021 bertempat di Harris Hotel & Convention Ciumbuleuit Bandung, Jawa Barat dan diikuti oleh 30 instansi yang terdiri atas perguruan tinggi, dinas pendidikan, dan organisasi kemasyarakatan di Indonesia. Adapun perwakilan Pendidikan Kimia Unimus yang hadir dalam rakor tersebut yaitu Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., dan Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd.

“Rakor ini membahas terkait implementasi MBKM kedepannya dan rencana kerja 5 tahun ke depan. Ini sudah kami susun rencana unggulan yang kami usulkan ke PPPPT yaitu diklat untuk laboran dengan mahasiswa calon guru atau calon guru yang sudah lulus sebagai sasarannya. Waktu pelaksanaan diklat diantaranya saat jeda antara serah ujian skripsi sampai menunggu wisuda dengan output berupa sertifikat sebagai laboran. Sertifikat ini dikeluarkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jadi pengesahan dalam sertifikat tidak hanya dari universitas tetapi juga dari pihak kementerian. Harapannya sertifikat ini dapat memberikan nilai tambahan kompetensi untuk mahasiswa sebagai seorang pranata yang mampu membuat preparasi atau menyiapkan segala sesuatu dalam pembelajaran di sekolah sebagai seorang laboran, selain itu, bimtek dan juga workshop sudah mulai di rencanakan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan” ungkap Ibu Fitria pada Minggu (11/4/2021).

Pendidikan Kimia Unimus sangat antusias mempersiapkan berbagai program yang akan diimplementasikan dalam Program MBKM dengan melaksanakan berbagai kerjasama. Melalui kerjasama ini diharapkan tercipta sinergitas dan keselarasan program kerjasama. Harapannya, tidak adanya kesenjangan yang terjadi sehingga kemapuan mahasiswa dalam menyiapkan kompetensi diri guru kimia menjadi terasah dan unggul serta siap untuk diterjunkan sebagai guru kimia yang professional dan menginspirasi. (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *