MANTAPKAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA, PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS JALIN KERJASAMA DENGAN PPPPTK IPA

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), S1 Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menjalin kerjasama dengan Pusat Pemberdayaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA). Penandatanganan kerjasama tersebut diwakili oleh Ibu Dr. Eny Winaryati, M.Pd., sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIMUS dengan Kepala Pusat Pemberdayaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bapak Enang Ahmadi, S.Pd, M.Pd secara virtual pada Kamis, 11 Februari 2021.

“Penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan program-program MBKM khususnya di bidang magang atau praktik kerja lapangan, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pelaksanaan kegiatan ilmiah lainnya. Harapannya ke depannya kami dapat mensinergikan potensi yang kami miliki agar diperoleh hasil yang maksimal dalam penyelenggaraan kegiatan MBKM,” ungkap Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd selaku Kaprodi Pendidikan Kimia UNIMUS pada Kamis (11/02/2021).

“Ruang lingkup kesepakatan kerjasama ini meliputi penyelengaraan program pelatihan dan diklat untuk mahasiswa calon guru (calon kepala laboratorium, laboran Pendidikan Kimia), pelaksanan program magang atau praktik kerja lapangan, penyelenggaraan program kolaborasi penelitian dalam bidang kimia dan pendidikan IPA antara lain pendayagunaan alat peraga pembelajaran IPA khususnya kimia, pembelajaran IPA berbasis STEM dan Inquiry serta inovasi pembelajaran, penyelenggaraan proyek independen dalam bidang kimia dan pendidikan IPA, serta pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan penerapan program untuk mendukung fasilitas layanan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA,” lanjutnya.

PPPPTK IPA sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud, di bawah Dirjen GTK mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kompetensi calon guru yang nantinya akan berdampak pada kualitas pendidikan nasional. Guru yang berkompeten tentunya dibentuk melalui berbagai pembelajaran dan pengalaman yang tidak hanya ditemui saat belajar di kelas saja, namun juga perlu pembelajaran di lingkungan tempat magang atau di masyarakat.

Kerjasama ini diharapkan mampu mendukung Pendidikan Kimia UNIMUS dalam mewujudkan komitmen untuk membentuk mahasiswa calon guru yang berkompeten, unggul berkarakter, serta menginsiprasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *