JAMU MILENIAL: INOVASI MAHASISWA LOLOS HIBAH KBMI KEMENDIKBUD 2020

Mahasiswa Pendidikan Kimia Unimus meraih hibah Kompetensi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ajang KBMI merupakan salah satu event nasional bergengsi yang diikuti seluruh mahasiswa di Indonesia. Lolosnya program KBMI mahasiswa Pendidikan Kimia Unimus ini menambah daftar prestasi di tingkat nasional di lingkungan Unimus.

jamu MilenialProgram KBMI bertema “Jamu Milenial” tersebut diraih oleh Sri Lestari, Setyani, dan Nur Faridatus Soimah. Inovasi bisnis ini diharapkan dapat mengenalkan jamu tradisional yang sudah lama dilupakan oleh generasi milenial serta mengajak mereka untuk mencintai sehat dengan gaya tradisional yaitu dengan meminum jamu.

“Jamu Milenial ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sesama dan menjadi ladang belajar kami dalam dunia bisnis. Meskipun keadaan masih pandemi, namun proses produksi dan pemasaran masih tetap berlangsung dengan baik. Bisnis ini tidak hanya dijalankan oleh kami bertiga, namun kami juga mengajak masyarakat khususnya petani sebagai mitra kaitannya dengan pengadaan bahan baku,” jelas Sri Lestari pada Rabu (09/09/2020).

Keberhasilan Sri Lestari dan kawan-kawan ini tak lepas dari peran dan bimbingan dari dosen pendamping yaitu Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., beliau menjelaskan bahwa melalui program KBMI ini diharapkan mahasiswa dapat melatih dan mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui karya kreatif dan inovatif serta dapat membuka peluang bisnis yang berguna bagi mahasiswa dan bermanfaat bagi semua orang.

“Dalam suatu usaha atau bisnis itu harus didasari dengan niat mulia untuk memberdayaan dan mengembangkan inovasi usaha, jadi tidak hanya melihat seberapa besar laba yang kita peroleh, namun kita juga perlu memerhatikan seberapa bermanfaatnya usaha kita baik bagi konsumen maupun bagi karyawan,” ucap Bu Fitri pada Jum’at (11/09/2020).

Melalui program KBMI ini diharapkan mampu mendukung visi dan misi yang tertera dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis (Renstra) Kemendikbud untuk pengembangan baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *