Bedah Buku Panduan KBMI 2020 Bersama Tim KBMI 2019

Hidup mahasiswa! Hidup rakyat Indonesia!
Sebagai tindak lanjut dari program hibah KBMI yang diselenggarakan oleh ristekdikti, Himadikmia melalui Departemen Litbang mengadakan kegiatan Bedah Buku Panduan KBMI 2020 pada Minggu, 28 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom yang di hadiri oleh ketua program studi pendidikan kimia dan anggota dari Himadikmia

Adapun hasil Bedah Buku Panduan KBMI 2020 antara lain:

Pemateri : Dewi Rintani

Penerima hibah KBMI Bimbel Mengaji Al-Hidayah 2019, Moderator : Linda Furwanti (Mahasiswa Pendidikan Kimia) Sejarah awal ide, suka, duka mendapat hibah KBMI

  1. Bimbel Mengaji Al-Hidayah
  2. Berawal dari teman yang sudah dewasa namun tidak bisa mengaji sehingga tercetuslah ide untuk mebuka bimbel mengaji
  3. Bisa dilakukan secara privat maupun kolektif
  4. Promosi dilakukan secara langsung maupun online, ada beberapa murid yang mendaftar dari 2 jalur tersebut
  5. Suka Duka
  6. Mengerjakan proposal dengan bantuan Mas Aly hingga lembur dan memakan banyak waktu
  7. Senang bisa monev bersama peserta lolos KBMI yang lain, mendapat pengalaman baru, dan teman baru.
  8. Perjuangan dalam mencari murid yang Alhadulillahnya banyak yang daftar.
  9. Belajar public speaking yang bagus guna persiapan presentasi monev serta belajar perhitungan keuangan (akuntansi).

Pemateri 2: Muhammad Mahbub Aly

Penerima hibah KBMI Catering Suroyya 2019
Moderator : Linda Furwanti (Mahasiswa Pendidikan Kimia)
Pengisian Borang Proposal KBMI

  1. Pengisian Proposal KBMI
  2. Kolom noble purpose setidaknya harus diisi untuk memberdayakan masyarakat yang tidak produktif menjadi lebih prduktif, serta enciptakan lapangan pekerjaan. Selebihnya bisa ditambah sesuai dengan ide masing-masing
  3. Pada kolom pemicu hal mulia ittu, jelaskan awal masalahnya sehingga kamu memebuat produk/jasa tersebut untuk engatasi masalah yang kamu temukan. Jelaskan alasan mengapa produk/jasamu bisa tercipta.
  4. Jelaskan dari mana ide awal produk/jasa tercipta
  5. Kompetitor harus disebutkan secara spesifik. Misal sambal botol, kompetitornya seua produk sambal botol seperti sambal X atau sambal Z.
  6. Jelaskan keunggulan produk/jasa yang kalian punya sehingga bisa membedakan dari kompetitor yang sejenis dan menjadi ciri khas.
  7. Untuk pemasaran dilakukan dua cara, online dan offline.
  8. Sasaran pelanggan harus ditetapkan secara spesifik juga. Misal wanita usia 15-40 tahun, dll.
  9. Target pasar disebutkan secara spesifik, misal area Kedungmundu dan Tembalang Semarang.
  10. Untuk laporan keluangan dibuat dengan rasional dan serijit mungkin sehingga tidak terkesan diawang-awang saja.
  11. Sebelum itu semua, pilih anggota tim yang sekiranya bisa membantumu nanti bukan yang menyusahkan. Yang bisa diajak bagi tugas, bukan mencari keuntungan saja
  12. Cari anggota tim yang public speakingnya bagus, akan berguna saat monev karena akan debat dengan peserta lolos KBMI yang lain di seluruh Indonesia
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *