SOSIALISASI DAN PENANDATANGANAN SURAT PERJANJIAN KERJA PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS DENGAN PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN UNIMUS

Program Studi Pendidikan Kimia Unimus menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Program Merdeka Belajar – kampus Merdeka (MBKM) dalam Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindaklanjut untuk merencanakan impelementasi MBKM.

Dari 8 kegiatan yang terdapat dalam kurikulum MBKM yang sedang dirancang oleh Pendidikan Kimia Unimus, salah satu kegiatannya yaitu pertukaran pelajar yang mana terbagi menjadi 3, diantaranya pertukaran pelajar antar prodi dalam satu perguruan tinggi, pertukaran pelajar dalam prodi yang sama namun perguruan tinggi yang berbeda, dan pertukaran pelajar dalam prodi dan perguruan tinggi yang berbeda.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at, 20 November 2020 bertempat di Kampus II Unimus yang dihadiri oleh Kaprodi dan dosen Pendidikan Kimia serta Kaprodi yang menjadi mitra dalam kerjasama MBKM di lingkungan Unimus. Adapun penandatanganan dilakukan antara Kaprodi Pendidikan Kimia, Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., dengan 6 Kaprodi di lingkungan Unimus yaitu S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Statistika, S1 Akuntansi, S1 Informatika, dan S1 Teknologi Pangan.

“Kami merencanakan program MBKM dengan sebaik-baiknya sehingga nanti saat diluncurkan Kemendikbud pada semester genap 2020/2021 kami sudah bisa langsung mengimplementasikan. Ada beberapa kegiatan pada program MBKM ini, diantaranya pertukaran pelajar, magang, asistensi mengajar di sekolah, dan lainnya. Untuk pertukaran pelajar atau student exchange, mahasiswa Pendidikan Kimia semester 6 nanti akan kuliah di prodi-prodi lain yang tertera dalam SPK selama satu semester sesuai dengan minatnya dan keselarasan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL),” ucap Ibu Fitria.

Selain kerjasama dengan prodi dalam satu perguruan tinggi, Pendidikan Kimia Unimus juga menjalin kerjasama dengan 10 prodi kimia di perguruan tinggi lain di Indonesia dan di luar negeri serta dengan instansi lain seperti BPTIK Jawa Tengah.

Setelah penandatanganan SPK, acara dilanjut dengan sosialisasi kaitannya dengan bagaimana cara dalam proses konversi mata kuliah yang ada di prodi Pendidikan Kimia dengan prodi lain yang dipaparkan oleh Ibu Andari Puji Astuti, M.Pd. dan dimoderatori oleh Bapak Eko Yuliyanto, S.Si., M.Pd. Prodi Pendidikan Kimia Unimus sangat mendukung program MBKM Kemendikbud dengan tujuan untuk membentuk mahasiswa yang lebih berkompeten.(Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *