S1 PENDIDIKAN KIMIA UNIMUS AJAK MAHASISWA TOREH PRESTASI MELALUI SOSIALISASI PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI

S1 Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan sosialisasi pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres) tahun 2022 pada Senin, 29 November 2021 secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini dibuka oleh ketua program studi S1 Pendidikan Kimia, Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. dan  diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif S1 Pendidikan Kimia Unimus dengan tujuan untuk mensosialisasikan program pilmapres, memberikan arahan dan alur pendaftaran terhadap mahasiswa mengenai pilmapres serta mempersiapkan pilmapres bagi program studi untuk dapat diseleksi menuju tingkat universitas.

Dalam sambutannya, Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. menyampaikan bahwa pilmapres bagi program sarjana mengalami perubahan pada tahun 2021, yaitu mengintegrasikan asesmen di berbagai kemampuan yang diperlukan ketika terjun di masyarakat. Sedangkan untuk alur pemilihan akan dilakukan secara berjenjang dengan prinsip kesetaraan antara PTN dan PTS serta asas keterwakilan wilayah.

Adapun materi sosialisasi disampaikan oleh Bapak Eko Yuliyanto, S.Si., M.Pd. Beliau memaparkan kaitannya dengan pilmpares tahun 2022.

“Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mendorong mahasiswa untuk dapat berprestasi bukan hanya di akademik, namun juga dibidang  non akademik lainnya. Beberapa skill harus dikuasai mahasiswa seperti kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, serta berkarakter,” jelas Pak Eko pada Senin (29/11/2021).

Selanjutnya Pak Eko juga menjabarkan bahwa seleksi pilmapres dibagi menjadi beberapa tahap, dimulai dengan seleksi program studi, universitas, LLDIKTI, nasional, dan diakhiri dengan babak final dengan penilaian melalui portofolio capaian unggulan (CU) dan naskah gagasan kreatif (GK) dengan topik yang sudah ditetapkan.

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan motivasi serta semangat kepada mahasiswa sehingga mahasiswa terdorong untuk ikut berkompetisi dalam pilmpares tahun 2022 yang akan datang,” tutup Ibu Fitria.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *