PERINGATI HARI GURU NASIONAL, PENDIDIKAN KIMIA BERSAMA FMIPA UNIMUS GELAR LOMBA KARYA GURU 2020

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020, Pendidikan Kimia bersama FMIPA Unimus mengadakan kegiatan Lomba Karya Guru berupa lomba video pembelajaran dan penulisan esai dengan dua kategori yaitu sains dan matematika. Kegiatan dengan tema “From Past to Future: Transformasi Guru di Era Digital” ini diikuti oleh guru sains dan matematika di seluruh Indonesia.

Di tengah pandemi ini, antusiasme peserta dalam mengikuti lomba karya guru yang diadakan dalam jaringan tersebut cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya peserta yang mengirimkan video dan esainya yang berasal dari berbagai jenjang sekolah di Indonesia, diantaranya MAN 1 Lombok Timur (NTB), SD Islam Al-Azhar 14 Semarang, SMAN 1 Purworejo (Jawa Tengah), SD Negeri 1 Kejawar, SMA Nusaputera Semarang, Universitas Jambi, dan lain-lain.

Kegiatan yang digelar pada Oktober – November tersebut diumumkan tepat di Hari Guru, 25 November 2020. Adapun penilaian masing-masing lomba hampir sama. Pada lomba video pembelajaran, penilaian lomba dilihat dari kesesuaian tema, kreativitas, keterbaharuan, dan durasi video. Sedangkan pada lomba esai berisi empat bagian diantaranya yaitu pengalaman guru sebelum transformasi, transformasi mengajar selama masa pandemi (pada bagian ini peserta diminta memberikan bukti dokumen berupa gambar), kebermanfaatan dan dampak kreativitas transformasi, dan keberlanjutan karya. Pemenang lomba diundang dalam acara Simposium Guru Nasional pada 1 Desember 2020 bertempat di Smart Class Gedung Fakultas Kedokteran Lantai 3 Unimus.

“Lomba karya guru ini digelar sebagai salah satu apresiasi di Hari Guru untuk menunjukkan bahwa guru-guru memiliki berbagai macam karya terutama video pembelajaran dan tentu saja pengalaman yang dapat ditulis dalam bentuk esai. Kegiatan ini diharapkan adanya sebuah kompetisi dari para guru yang mengedepankan kreativitas dan keterbaharuan dalam mengajar di era pandemi yang serba digital ini. Dari situ diperoleh hasil ada 36 peserta lomba video pembelajaran dan 12 peserta lomba esai yang antusias mengikuti. Pada lomba video pembelajaran terpilih 10 juara, yakni 3 dari guru matematika, 3 dari guru sains, dan 3 dari mahsiswa calon guru, dan 1 yang menjadi juara favorit, sedangkan pada lomba esai terdapat 3 juara,” jelas Bapak Eko Yuliyanto, S.Si., M.Pd. pada Kamis (03/12/2020).

“Hasil perlombaan karya bagus-bagus dan dilanjutkan dengan simposium dimana peserta mempresentasikan produk-produknya, yang meliputi latar belakang, proses penyusunan, dan kelanjutan dari produk video itu sendiri sehingga dari situ dapat bertukar pengalaman antara satu guru dengan guru lainnya. Dalam kegiatan simposium sangat menarik, kita banyak inspirasi dari mereka para guru sehingga dengan adanya lomba dan simposium ini memberi manfaat pada guru-guru di Indonesia khususnya di Jawa Tengah,” lanjutnya. Kegiatan berjalan sukses dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *