TINGKATKAN MOTIVASI PEMBUATAN PROPOSAL PKM, PENDIDIKAN KIMIA MENGGELAR SHARING SESSION BERSAMA ALUMNI

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan oleh Kemenristek Dikti sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkompetisi dalam penulisan karya ilmiah, di antaranya pada bidang penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, karsa cipta, dan lainnya. Dalam penulisan proposal PKM seringkali mahasiswa menemui kesulitan sehingga menyebabkan motivasi berkurang dan akhirnya proposal tidak terselesaikan dengan baik dan maksimal. Untuk mencegah hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (HIMADIKMIA Unimus) yang digawangi oleh Pendidikan Kimia menggelar Sharing Session Motivasi Pembuatan Proposal PKM 5 Bidang pada Minggu, 15 November 2020.

Kegiatan dengan tema “Tuangkan Ide Ciptakan Karya Menuju Himadikmia Jaya” ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd., para dosen dan mahasiswa Pendidikan Kimia Unimus dengan narasumber para alumni Pendidikan Kimia yaitu Johara Aulia Z, S.Pd. (Alumni 2014 dan finalis PIMNAS 2018), Lutfiana Kartika D, S.Pd. (Alumni 2014 dan 2 kali lolos PKM), dan Tin Rosidah, S.Pd. (Alumni 2014 dan 3 kali lolos PKM) serta Muhammad Gufron, S.Pd. (Alumni 2015 dan 3 kali lolos PKM). Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ibu Fitria.

“Kegiatan sharing session ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa Pendidikan Kimia kaitannya dengan pembuatan PKM supaya para mahasiswa memahami bahwa dalam membuat proposal PKM memang diperlukan suatu perjuangan, begitupun saat sudah lolos. Ketaatan terhadap panduan dan arahan dari dosen pembimbing juga sangat mempengaruhi. Harapannya, melalui kegiatan ini para mahasiswa menjadi lebih termotivasi dalam mengerjakan PKM sehingga lolos didanai dan bisa masuk ke PIMNAS. Semangat dalam menjalankan roda prestasidan menginspirasi orang lain,” ucap Ibu Fitria dalam sambutannya.

Kegiatan sharing session ini diawali dengan penyampaian pengalaman dari masing-masing narasumber, dilanjut dengan sesi tanya jawab, dan ditutup dengan foto bersama. Setiap narasumber menyampaikan motivasi yang berbeda namun saling berkaitan, di antaranya yaitu dalam menyusun proposal PKM diperlukan keingintahuan yang tinggi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, sesuaikan dengan tema dan passion (minat). Ketika ide kreatif sudah diketahui, kemudian diiringi dengan memperbanyak membaca referensi jurnal baik jurnal nasional maupun internasional. Penulisan proposal juga harus teliti dan sesuaikan dengan panduan, dibutuhkan target dalam penyelesaian proposal dengan mengatur jadwal supaya penulisan proposal PKM terselesaikan tepat waktu, serta diiringi dengan konsistensi untuk menghindari proposal PKM yang tidak selesai karena kurang konsisten dalam menulisnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *