KUPAS TUNTAS PKM PENELITIAN, PENDIDIKAN KIMIA BERSAMA UNIMUS GELAR EVALUASI DAN BEDAH PKM TAHUN 2020

Pelaksanaan implementasi PKM merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh tim yang lolos pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pada tahun 2020 ini terdapat 2 tim PKM Universitas Muhammadiyah Semarang yang lolos pendanaan yang keduanya berasal dari Prodi Pendidikan Kimia.

Setelah melalui tahap pendanaan, pelaksanaan program, serta monitoring dan evaluasi, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan evaluasi dan bedah PKM 2020. Acara yang diketuai oleh Ibu Fitria Fatichatul Hidayah, M.Pd. ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan membedah PKM 2020 mulai dari pemilihan tema dan judul, penulisan, dan pelaksanaan program. Kegiatan ini dimoderatori oleh Bapak Eko Yuliyanto, S.Si., M.Pd. dengan narasumber Bapak Ngadiwiyana, S.Si., M.Si. (Dosen Universitas Diponegoro dan Reviewer Nasional PKM 5 Bidang Dikti).

“Dengan adanya kegiatan evaluasi dan bedah PKM 2020 ini harapannya narasumber Bapak Ngadiwiyana dapat memberikan kisi-kisi dan tips bagaimana kiat menulis yang benar dan menarik sebagai upaya untuk meraih kembali prestasi hibah PKM yang lolos didanai Dikti dan dapat maju sampai PIMNAS dengan fokus materi PKM Penelitian mengingat PKM Penelitian merupakan PKM terbanyak yang diajukan oleh Unimus, juga supaya mahasiswa dapat lebih semangat dalam menulis karya ilmiah khususnya PKM,” ungkap Ibu Dr. Nur Hidayah, M.Si. sekalu penanggungjawab PKM Unimus.

Dalam materinya, Bapak Ngadiwiyana menyampaikan bahwa tidak lolosnya proposal PKM biasanya terjadi karena adanya faktor administrasi kelengkapan dan ketaatan pada panduan yang tidak ditaati. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan PKM sendiri di antaranya membentuk karakter mahasiswa menjadi tahu aturan/taat aturan, kreatif inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun ke-Bhineka Tunggal Ika-an intelektual.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diksusi bersama kaitannya dengan kiat menulis proposal PKM Penelitian yang benar, kemudian ditutup dengan foto bersama.( Tin.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *